Web Browser


Dalam penggunaan internet, kita pasti sudah mengenal dan pernah memakai web browser. Bahkan orang – orang berkata, bahwa "tidak ada internet bila tidak ada web browser". Web browser adalah software aplikasi yang berfungsi untuk menjelajahi dan membaca isi sebuah halaman website, serta berkas – berkas tulisan yang terdapat di dalam web browser tersebut. Cara kerja web browser adalah program tersebut akan membaca isi tulisan dan memberi format tulisan dan tampilan berdasarkan kode yang mengapit tulisan tersebut. Pada awal kemunculan web browser, bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam pembuatan website hanya HTML (Hyper Text Markup Language) saja. Akan tetapi, kelemahan bahasa HTML adalah tampilannya yang sangat sederhana dan setiap kali pengguna melakukan sesuatu seperti input data atau meng-klik tautan, maka kita harus membuka ulang halaman website tersebut, hal ini sangat tidak efisien. Lalu, seiring berjalannya waktu, format bahasa pemrograman yang dikenal web browser serta digunakan untuk membuat website yang lebih efisien dan lebih bagus dalam penggunaan dan tampilan terus bertambah, yang antara lain : JavaScript, PHP (Personal Home Page), AJAX (Asynchronous JavaScript and XML), ASP (Active Server Pages), dll.
Hingga saat ini, jumlah web browser sudah banyak dengan berbagai fitur dan keunggulan masing – masing. Beberapa diantaranya yang paling terkenal antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, dll. Semua web browser tersebut diberikan kepada pengguna tanpa dipungut biaya untuk membeli lisensinya. Berikut adalah sekilas tentang 4 web browser yang paling dikenal masyarakat pengguna internet.
Internet Explorer

Internet Explorer adalah web browser bawaan Microsoft Windows saat Operating System ini diinstal di komputer anda dan menjadi web browser terbanyak digunakan di dunia. Saat ini versi terbaru IE (nama lain Internet Explorer) adalah versi 8 yang sangat firendly-user dan dengan berbagai fitur baru seperti Compatibility View untuk memperbaiki dan memperbagus tampilan website yang ditujukan untuk web browser versi lama, kemudian accelerators, dimana dengan fitur ini, anda bisa mengetahui driving direction, word translation, dan membagi penemuan anda di web dengan teman – teman anda, serta anti-phising filter yang berfungsi untuk mencegah para pengguna internet membuka situ – situs yang berbahaya, dan lain - lain. Akan tetapi kelemahan web browser ini adalah, banyaknya celah keamanan yang terbuka pada web browser ini sehingga membuat IE menjadi web browser yang paling rawan hacking.
Mozilla Firefox

Firefox menjadi web browser yang paling sering digunakan orang – orang sebagai web browser utama di komputer mereka karena keandalannya dalam hal keamanan, kecepatan, kemudahan, dan kelengkapan dukungan perangkat tambahan (add-on) dari berbagai pengembang aplikasi ini. Versi terbaru web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation ini adalah versi 3.6 yang berkinerja dua kali lebih cepat daripada versi 3.0 dan sepuluh kali lebih cepat daripada versi 2.0. Dengan versi 3.6 ini, segala aktivitas internet mulai dari browsing, e-mail, foto web, video streaming, hingga social networking menjadi lebih responsif dan lebih cepat. Fitur terbaru pada versi ini antara lain seperti private browsing yang tidak akan menyimpan segala password, cookies, riwayat penjelajahan, hingga segala aktivitas internet kita, lalu semua data pribadi tersebut akan dihapus setelah program ditutup atau fitur private browsing dihentikan. Pipeline yang berfungsi untuk mempercepat akses ke sebuah website dengan meningkatkan jumlah koneksi yang digunakan. Lalu, tear-off tabs yang berfungsi memisahkan tab yang ditarik menjauh dari kumpulan tab dan akan ditampilkan terpisah dari jendela tampilan, serta banyak fitur lain yang sangat berguna pada web browser ini. Kelemahan pada Firefox adalah respon aplikasi yang lambat akibat pengaturan memori yang dipaksa untuk memperkecil pemakaian memori untuk menjalankan aplikasi ini, serta memungkinkannya pengizinan banyak toolbar yang dapat ditampilkan pada aplikasi sehingga tampilan untuk website menjadi terasa sempit.
Google Chrome

Google masih terus mendesak para pesaing – pesaingnya dengan merilis web browser bernama Chrome. Sesuai dengan klaim pengembangnya, Chrome ternyata terbukti unggul dalam hal kecepatan, kemudahan dan keamanan. Dengan mengadopsi beberapa fitur yang terkenal dari beberapa web browser yang sudah ada, Chrome melengkapi semua keinginan para pengguna internet untuk mendapatkan aplikasi browser impian mereka. Fitur yang diunggulkan Chrome antara lain tampilannya yang sangat memukau mata, dukungan add-on yang banyak, pemisahan tab menjadi jendela baru dan penyatuan jendela ke dalam tab pada jendela yang lain, address bar yang dapat berfungsi sebagai search box, thumbnail yang menampilkan website yang paling banyak dikunjungi, serta pengaturan bookmark yang lebih mudah, rapi, dan terorganisir. Bahkan dikabarkan, web browser ini dinobatkan sebagai web browser tercepat dan teraman berdasarkan serangkaian tes pada seluruh web browser populer yang ada. Kelemahan pada browser ini adalah konsumsi memori yang sangat boros jika kita membuka banyak website pada tab – tab yang kita buka, ketidak-stabilan aplikasi akibat pemborosan konsumsi memori, serta permasalahan akses website pada bebrapa website tertentu.
Opera

Opera sangat terkenal dengan banyaknya fitur default yang terpasang bahkan Opera memiliki versi mobile yang dapat dipasang pada perangkat genggam seperti handphone, smartphone, PDA, dsb. Pada versi terbaru Opera yaitu versi 10.60 yang sudah stabil saat ini. Beberapa fitur yang kita temui antara lain Fast dial, Content blocker, torrent downloader dengan aplikasi BitTorrent, Improved rich text editing, dan lain – lain. Begitu banyak fungsi tersebut membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam menjelajahi internet. Akan tetapi, Opera browser masih memiliki celah keamanan yang vital sehingga terkadang mudah ditembus oleh para cracker.

Tidak ada komentar: