Kebudayaan dan Masyarakat Indonesia

Indonesia memiliki keragaman budaya yang berbeda - beda, karena memiliki banyak suku - suku yang berbeda - beda pula. Ini semua disebabkan karena Indonesia memiliki sejarah dimana masyarakat Indonesia berasal dari masyarakat dari berbagai dunia termasuk pribumi lokal.

Seperti yang kita ketahui perbedaan itu adalah hal yang biasa bagi manusia, karena setiap manusia memiliki sifat yang beragam walaupun kembar identik sekalipun. Maka dari itu, perbedaan bukanlah hal yang menjadi penghalang bagi manusia untuk saling mengenal. Perbedaan adalah hal yang sudah menjadi ketetapan Allah yang tidak dapat dirubah lagi. Fungsinya masih menjadi sebuah misteri bagi manusia itu sendiri.

Kebudayaan Indonesia berasal dari tata krama, sifat, dan pribadi masing - masing kelompok besar manusia yang disebut masyarakat. Kebudayaan dapat dinyatakan sebagai hasil karya masyarakat yang telah mendarah daging dan turun temurun selama banyak generasi berlalu, bahkan menjadi aturan tak tertulis dalam masyarakat, yang mana apabila dilanggar maka orang tersebut akan mendapat hukuman dari pemimpin adat dalam masyarakat tersebut.

Kebudayaan disetiap lingkungan masyarakat berbeda - beda, tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah karena mungkin bagi kita budaya yang kita anut itu benar, akan tetapi menurut mereka itu tidak benar. Sehingga apabila kita berada di lingkungan yang memiliki budaya yang berbeda, maka akan terjadi yang namanya culture shock dimana orang akan merasa canggung dengan budaya yang dimiliki lingkungan barunya tersebut

Sekarang banyak budaya Indonesia yang sudah ditinggalkan, alasannya antara lain karena sudah ketinggalan zaman, sudah tidak berlaku lagi untuk kehidupan sekarang, dll. Padahal budaya Indonesia memiliki kesenian dan keindahan tersendiri yang mana mencerminkan identitas masyarakat itu sendiri. Memang ada beberapa budaya yang buruk pada masa lalu, dan yang seperti itu memang harus ditinggalkan, akan tetapi budaya yang bagus seharusnya perlu dilestarikan agar identitas bangsa tetap terjaga, dan tidak terpengaruh oleh asimilasi budaya luar yang menurut kita lebih buruk dari yang sekarang.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/828/rencong-senjata-khas-aceh

Anonim mengatakan...

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1004/rumah-limas-sumatera-selatan