Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari bahasa sansekerta "dhra" yang artinya menanggung atau menahan. Maka, derita artinya menanggung atau menahan sesuatu yang tidak menyenangkan atau yang tidak diinginkan.

Penderitaan adalah kenyataan dalam kehidupan yang terkadang dianggap oleh sebagian orang sebagai siksaan atau hukuman Tuhan, akan tetapi sebenarnya penderitaan adalah cobaan Tuhan yang diberikan kepada kita untuk menguji seberapa besar tingkat pengabdian dan keimanan kita kepada Tuhan. Seringkali orang – orang yang kurang beriman menyalahkan Tuhan mereka dan menganggap Tuhan tidak adil terhadap mereka karena mendapat penderitaan yang mereka alami, padahal semua manusia di bumi ini dalam semua status juga mengalami penderitaan dalam bentuk yang beragam walaupun mereka dalam keaadaan bahagia maupun susah, dan juga penderitaan itu bisa saja diakibatkan oleh kesalahan kita yang telah kita perbuat sebelumnya yang mana hal tersebut disebut siksaan. Dengan demikian sangatlah tidak pantas dan tidak berdasar jika kita menyalahkan dan menganggap Tuhan tidak adil.

Seringkali penderitaan yang kita alami berdampak pada psikologis kita, biasanya dalam bentuk hal yang positif ataupun negatif. Dalam hal positif, penderitaan dapat mengubah cara berfikir kita menjadi lebih baik dengan menyadari kesalahan kita dimasa lalu dan membuat janji atau sumpah untuk tidak mengulanginya lagi, kemudian memberikan pelajaran bagi kita bahwa hidup itu penuh dengan perjuangan untuk meraih apa yang kita inginkan, lalu penderitaan dapat membuat seseorang menjadi lebih dewasa dalam menyikapi suatu permasalahan. Disamping itu, hal negatif yang mungkin terjadi adalah putus asa saat mengalami cobaan, mengalami phobia kekecewaan, dan bahkan hilangnya kepercayaan mereka terhadap Tuhan.

Siksaan / penderitaan yang kita alami jangan pernah dibiarkan maupun disesali. Penderitaan yang kita alami harus kita perjuangkan agar kita bisa lepas dari penderitaan kita, dan hal yang terpenting yang harus diingat ialah bahwasannya Tuhan pasti memberikan jalan bagi hamba – hambaNya yang berjuang untuk lepas dari penderitan mereka.

Tidak ada komentar: