Manusia dan Pandangan Hidup

Setiap manusia memiliki pandangan hidupnya masing – masing yang dijadikan sebagai pengangan dalam menjalankan kehidupannya. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedman, arahan, petunjuk hidup di dunia yang didapat dari pengalaman – pengalaman hidup kita selama ini. Dengan kata lain, pandangan hidup hanya dapat dimiliki tidak dalam waktu yang singkat tetapi hanya dapat dimiliki saat mereka mempelajari semua hal – hal yang ada dalam kehidupannya.

Pandangan hidup manusia akan melahirkan sebuah cita – cita atau keinginan ataupun obsesi terbesar bagi dirinya. Keinginan tersebut dimiliki saat mereka menyadari akan suatu hal yang mereka rasa belum pernah ada dalam dirinya ataupun disekitar lingkungannya. Cita – cita tersebut akan memberikan semangat yang memacu dirinya untuk mewujudkan keinginannya tersebut, bahkan terkadang manusia menggunakan segala cara untuk mewujudkannya. Akan tetapi, cara yang tidak baik untuk mewujudkan keinginannya tersebut akan berdampak buruk pada kehidupannya. Oleh karena itu untuk mendapatkan cita – citanya, manusia harus menggunakan cara – cara yang tidak merugikan orang lain agar orang lain dapat memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita – citanya.

Sebuah pandangan hidup yang dimiliki menusia juga akan melahirkan suatu keyakinan / kepercayaan bagi dirinya. Keyakinan tersebut akan mempengaruhi pola kehidupannya dilingkungan.Terkadang seseorang yang memiliki kekutan untuk mempengarui orang lain dapat memberikan ide – ide keyakinannya, misalnya seperti Karl Marx yang membuat sebuah paham sosialisme yang pada akhrinya membuat perubahan besar dalam tatanan suatu negar menjadi negara sosialis yang komunis atau tidak percaya kepada Tuhan. Begitu pula dengan paham liberalisme dan demokrasi yang dianut Amerika Serikat, yang mana paham tersebut pada akhirnya dianut oleh sebagian besar negara - negara didunia.

Kesimpulannya, pandangan hidup memiliki hal – hal yang dapat mempengaruhi kehidupannya serta pola pikir manusia itu sendiri. Manusia dapat menentukan arah hidupnya berdasarkan pengalaman – pengalaman yang mereka alami serta kehidupan yang mereka jalani. Pandangan hidup manusia akan memberikan dampak yang besar bagi dirinya maupun orang lain dalam segala hal.

Tidak ada komentar: