Individu Di Dalam Kehidupan Sosial

Setiap manusia adalah individu-individu yang berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain, tapi apakah kita bisa hidup sendiri tanpa orang lain ? Mustahil, bagi manusia untuk hidup sendiri. Kita pastinya membutuhkan bantuan orang lain sejak lahir hingga mati. Contohnya saat kita akan lahir, pastinya kita membutuhkan bantuan bidan, bahkan kita tidak akan lahir bila tidak ada orang tua. Saat meninggal pun kita akan membutuhkan orang-orang untuk membawa kita ke dalam liang kubur. Maka dari itu, manusia adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang membutuhkan bantuan dari setiap individu yang lain.
Dalam kehidupan sosial, ada yang disebut individu, keluarga, dan masyarakat. Setiap individu akan membentuk sebuah keluarga, dan beberapa keluarga akan membentuk sebuah komunitas yang disebut masyarakat.
Individu adalah satuan manusia yang berdiri sendiri, setiap manusia adalah individu-individu tersendiri. Keluarga adalah kumpulan individu-individu yang memiliki hubungan keturunan, atau hubungan kekerabatan. Sedangkan masyarakat adalah kumpulan individu-individu serta keluarga-keluarga yang membentuk suatu komunitas sosial di dalam suatu lingkungan tertentu.
Dalam kehidupan sosial masyarakat, setiap orang diwajibkan untuk saling membantu dalam kehidupan sosial masing-masing agar dapat memenuhi kebutuhan masing-masing, karena walaupun manusia disebut makhluk individu, tapi pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain agar dapat hidup.

1 komentar:

sablon cup mengatakan...

thank's infonya gan. nice post. titip web ane gan, silahkan dikunjungi..

www.gajigratis.com
www.rifastore.net
www.tubeave.com
www.baitiket.com
www.iklantext.com