Manusia dan Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab harus dimiliki oleh semua orang. Tanggung jawabdalam kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban, dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab harus diungkapkan tidak hanya pada saat membuat kesalahan, akan tetapi rasa tanggung jawab harus diungkapkan disaat kita memiliki sesuatu yang kita miliki seperti barang – barang pribadi, keluarga, masyarakat, negara, pekerjaan, amanah, dan lain – lain.

Dalam kehidupan, rasa tanggung jawab akan membuat seseorang untuk berbuat lebih sempurna lagi tanpa ada kekurangan sedikitpun. Pada saat kita berbuat sebuah keslahan maka kita harus berbuat hal – hal yang dapat memperbaiki kesalahan – kesalahan tersebut serta menanggung segala risiko dan hukuman yang harus diterima, termasuk pula dalam hal amanah yang mana membutuhkan tanggung jawab yang besar dimana kepercayaan seseorang dapat dipertaruhkan dalam hal ini. Saat orang lain tidak percaya lagi kepada kita maka orang tersebut akan menjauhi kita dan kita akan terasingkan dari kehidupan sosial masyarakat serta hal tersebut akan membuat kita mengalami penderitaan batin yang sangat besar bagi diri kita sendiri.

Tanggung jawab membutuhkan sebuah pengabdian dan pengorbanan untuk menjalankannya. Pengabdian yang kita berikan dalam hal ini adalah rasa tanggung jawab itu sendiri dimana dalam pengabdian kita, terdapat sebuah rasa tanggung jawab yang kita berikan kepada orang lain contohnya pengabdian kita kepada Tuhan dapat kita wujudkan dengan tanggung jawab kita sebagai pemeluk agama yang taat, yaitu dengan cara menjalankan semua perintah – perintahNya serta menjauhi semua larangan – laranganNya tanpa kita lewatkan sedikitpun. Sedangkan pengorbanan dalam tanggung jawab kita adalah akibat yang ditimbulkan dari pengabdian kita untuk menjalankan tanggung jawab kita, contohnya dalam pengabdian kita kepada Tuhan, maka kita harus meluangkan waktu kita untuk menjalankan ibadah serta jiwa kita untuk mengabdi kepada Tuhan.

Tanggung jawab adalah hal yang penting dalam mendapatkan kepercayaan serta kehormatan dari orang – orang disekitar kita, bahkan dengan tanggung jawab kita dapat mempelajari bahwa suatu kepercayaan harus kita pertahankan dengan sebaik – baiknya. Dan hal yang perlu diwaspadai adalah bahwa tanggung jawab adalah hal yang sangat berat.

Tidak ada komentar: